Senin, 24 Mei 2010

DI TIMUR MATAHARI - WR Supratman.

Satu-satunya alat music yang bisa saya mainin dengan 'baik' itu suling.  Hehe. Berkat guru music saya waktu SMP, Pak Ridwan Jenggot Naga. Penampilannya mirip Alex Komang, brewoknya dahsyat, mukanya galak. Brrr. Pelajaran music bersamanya jadi kaya neraka, kalo ga bisa baca not / main suling tangannya dislepet pake penggaris, dicubit lengannya atau dijenggit jambangnya. Ccck. Ccck.

Karena keseringan di slepet, makanya jadi terdorong untuk bisa main suling.  Itu juga karena tiap minggu kita disuruh berdiri di samping meja terus main lagu wajib dengan suling, satu-satu.  Terus dia keliling nyamperin kita. Kalau udah grogi, yang ada mainnya slendro, ya namanya juga buru-buru mau cepat selesai. Hehe.

Terbukti pelajaran menghapal not nya ga ada yang nyangkut. Karena gue ga ngerti.  Kepala gue berjalan dengan logic, hapalan susah nyantol. Makanya sulingnya bisa, baca not baloknya ancur. Gue ga ngerti kenapa itu toge ada di baris keberapa, kenapa di kasih nilai setengah, terus togenya di balik ditambahi coretan. Man, I don't get it!

Tapi untuk not angkanya gue masih ngerti, walaupun untuk ketukan,birama, etc – saya buta total.  Jadi kalo mau main suling, paling tidak saya musti pernah dengar lagunya dulu, jadi bisa tahu kapan saya musti meniup cepat, atau dipanjang-panjangin. Hihihi. Payah.

Well. At least saya bisa mainin. Play on C, D, E, F – selain itu…silahkan nanya ama Jenggot Naga. =)

Sepagian tadi saya terngiang-ngiang lagu DI TIMUR MATAHARI karya WR Supratman. Pernah dengar? Lagu ini cuma punya 4 baris, nyanyinya gampang pula. Ini dia liriknya :

Di timur matahari mulai bercahaya
Bangun dan berdiri kawan semua semua
Marilah mengatur barisan kita
Pemuda pemudi Indonesia

Simple kan? Tapi entah kenapa, saya suka sama lagu ini. Ada yang romantis di dalamnya. Halah.

Saya inget dulu suka mainin lagu ini pake suling. Quite simple. Pake C. Berasa nyesek kalo main lagu ini.

Mungkin juga terpengaruh film anak-anak yang pernah saya tonton di tipi waktu kecil. Saya lupa film apa sayangnya.  Di akhir film, anak-anak ini menyanyi bersama Di Timur Matahari dengan berurai air mata. Saya juga ikutan..nyanyi sambil nangis ingusan depan tipi.. Hehe

12 komentar:

dio mengatakan...

...percaya atau tidak,saya pun merasakan hal yang sama..lagu ini seperti memanggil-manggil..grrr

Anonim mengatakan...

judul film-nya sama sama lagunya, Di Timur Matahari.. Pemainnya Ucok Simbara.. Tentang buronan yg lari dan jadi guru di sebuah desa terpencil dan akhirnya ketangkep.. Gw jg masih kecil pas liat fim ini, tp gw masih inget bgt perasaan pas nonton film ini. Btw sampe sekarang gw masih jadi guru! ;)

Anonim mengatakan...

Gue gebetualan jugo jadi guru...
Dulu masa kecil gue ngeliat itu pilem... Cantik banget pilemnya.. dan sedih...
Tak tahu kapan pilem itu diputar di TVRI.. lupa gue..
**Ada yang ingat judul "Guruku cantik sekali" kah?
(Abu Ikhlas)

Me?You?No.Its Me mengatakan...

aaaah ada yang komentaaar. mi god.
gue ga tauuu.haha

Too bad kalian ga mencantumkan nama, masa dua2nya gue sapa Ano?
Eh yang satu Mas Abu ya?
Terimakasih udah mampir dan ninggal komentar. =)
Oh judulnya di Timur Matahari juga? dimana ya cari film itu.

Anonim mengatakan...

sebenarnya saya sedang mencari info tentang film jadul tersebut karena saya pengen menontonnya lagi, ada yang tahu?

Unknown mengatakan...

Saya terharu saat mendengar lagu ini dalam film yg diperankan cok simbara

Kak Adi Kitana mengatakan...

Bahkan sinetron Di Timur Matahari yang disiarkan TVRI itu masih jauh lebih baik dari versi filmnya yang dirilis belum lama ini...

Kak Adi Kitana mengatakan...

Bahkan sinetron Di Timur Matahari yang disiarkan TVRI itu masih jauh lebih baik dari versi filmnya yang dirilis belum lama ini...

Kak Adi Kitana mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Kak Adi Kitana mengatakan...

Bahkan sinetron Di Timur Matahari yang disiarkan TVRI itu masih jauh lebih baik dari versi filmnya yang dirilis belum lama ini...

Unknown mengatakan...

Masukkan komentar Anda...di yutub ko ga ada ya

Anonim mengatakan...

Bisa saya dapat dimana film yg diperankan cok simbara dan ending nya anak anak menyanyikan lagu di timur matahari ??? Saya sangat jngin nonton lagi