Minggu, 02 Januari 2011

Natal 2010 - Tahun Baru 2011

Yay! Tahun baru! Another journey to come.
Cerita-cerita baru akan terekam di memori otak. Hopefully kebijakan juga kebajikan menyertainya. Amin.
Halah gue ngemeng apa?! hihi.
Gue baru baca di milis, email seorang member tentang tenggang rasa - mengucapkan selamat Natal.
Si teman ini, bercerita kalo kemarin Natal dia pulang ke satu desa kecil di Jawa Tengah, merasa terharu ketika selepas Magrib, tetangga-tetangganya yang notabene Muslim lengkap dengan jilbab, baju koko, pulang dari Masjid, datang ke rumahnya dan mengucapkan "sugeng Riyadi Natal - Selamat hari Natal'. Berbanding terbalik dengan teman-teman kantor yang cuma 'berani" mengucapkan "selamat ya".
Gue nyengir bacanya.
Iya, juga sih ya.
Di Jogja, terutama kampung gue ya, menurut gue sangat toleran. Kalau kita pulang gereja pas Natal atau Paskah, ketemu tetangga, most of them akan otomatis berhenti dan langsung mengucapkan "selamat Natal", "Selamat Paskah".
Nah di Jakarta, gue juga mengalami hal yang sama dengan si teman milis, dimana teman-teman gue yang beda agama, ngucapin selamat Natal, cukup dengan "Selamat hari raya ya"...atau sama "Selamat ya". Gue kalo lagi iseng, suka gue reply "iya,makasih, alhamdulilah, gue masih selamat"...dan dia biasanya nyengir-nyengir ga enak. hihi
Duluuuu banget, waktu gue masih muda *jiaaah*, gue agak ngerasa sebel kalo temen gue ngasih ucapan selamat tanpa mengucapkan hari rayanya apa. Dulu mikirnya, emang apa yang begitu mengerikannya dengan bilang Natal, Paskah? Sempet kebakar, waktu nemu email yang beredar di kalangan teman-teman muslim di kantor soal sah atau tidaknya mengucapkan selamat Natal ke teman-teman Kristiani. Heck. Apa ngucapin selamat Natal akan dihitung dosa?
Then, seiring waktu gue berusaha memahami "alasan" teman-teman gue itu.
Hmm. Mungkin ya. Correct me if I am wrong. Mereka berfikir sejauh sejarah Natal. Kita, sebagai orang kristen merayakan Natal untuk menandai lahirnya Yesus. Tuhan buat gue. Buat teman-teman gue, keyakinan itu ga mereka punya dan bertentangan malah. Nabi Isa AS itu bukan tuhan. Itu Nabi. Sooo...gue bisa memahami, kalau mungkin mereka berfikir secara serius, kalau mereka menyelamati gue di perayaan agama orang Kristen, sama saja mengamini kepercayaan gue. Itu sih GR'nya gue yaa..hihi.
Seiring waktu, belajar ini itu, gue jadi santai-santai saja soal ucapan Natal. Tokh ga ada yang berubah dari makna Natal gue dengan ada atau tidaknya ucapan Natal dari teman-teman gue. Gue akan senang dan menghargai banget kalo kepercayaan gue dianggap, tapi ga akan gue jadiin big deal kalo misalnya mereka ga ngucapin. =)
Hidup terlalu kompleks buat disederhanakan di satu ucapan.
Kalo buat gue pribadi sih, ga ada masalah buat ngucapin selamat hari raya apapun ke teman-teman gue. I am happy for them. I am happy with them. It's not only words. It's from the heart. And I am still a catholic though i said Alhamdulilah, Insya Allah or Assalamualaikum =)
Gracias Muchas, Amigos.. Ti amo.
ps.
- Xmas 2010 & NYE 2011 is one of the best ever in my life. Thank God for that.

4 komentar:

lydia mengatakan...

iya beth bener banget...aneh ye..di kantor gue lebih parah, lebih heboh ucapan tahun baru dibanding natalan kemaren...tahun baru udah kayak lebaran aja, satu ruangan dikelilingin..pas natalan dimana mereka ikutan menikmati liburannya ga ada yang salam2an...ckckck..

lydia mengatakan...

btw judulnya mestinya tahun baru 2011 tuh beth..hehehe

Me?You?No.Its Me mengatakan...

huahaahahahahahaha....pantesan gue berasa apa gitu yang salah. ccck.thanks Genk. hihi.

Anonim mengatakan...

Beth....
Kamu kan sorang.. yang suka tantangan.. dan seneng pengetahuan (sayentis [scientist)..lah)..
Coba baca kitab-mu dengan baik.. lalu coba juga pelajari kitab teman-mu dengan baik...(Cari aja yaang ada terjemahan)

Orang yang haus pengetahuan..akan senang baca-baca.. yang menantang..kan?

Good luck.
(Tumirah... Penang, Malaysia)